Skip to content

AIR MATA MENJADI MATA AIR

1 December 2011

“maka musuhmu akan mundur pada waktu aku berseru; aku yakin bahwa Allah memihak padaku¨
(Mz 56:9)
“mereka berjalan makin lama makin kuat hendak menghadap Allah di Sion¨
(Mz 84:7)

I. DEFENISI

Sebuah reaksi negatif di dalam hati seseorang terhadap suatu keadaan yang dihadapi dengan memikirkan lebih lanjut tentang akibat-akibat dari keadaan yang terjadi tersebut. (Jadi kesedihan bukanlah keadaan namun reaksi dalam menghadapi keadaan)

II PENYEBAB KESEDIHAN

1. Gejala Sosial

Bahwa yang diharapkan tidak terjadi.
Contoh: orang tua mengecewakan, pacar tidak setia, karir terhambat, cita-cita tidak tercapai, doa tidak terjawab

2. Gejala Pribadi

Bahwa yang sangat dibutuhkan tidak dialami.
Contoh: kehilangan orang yang dikasihi karena meninggal
merasa tidak mendapatkan kasih
merasa minder atau merasa selalu tidak mampu.

3. Gejala Keimanan

Bahwa apa yang dipercayai dan diyakini tidak dapat direbut.
Contoh: pasti saya bisa hidup kudus, tapi yah..saya jatuh;
saya pasti sembuh, loh koq belom?? ;
saya pasti berhasil, koq Tuhan tidak bela.

4. Gejala masa lalu

Bahwa apa yang pernah terjadi dalam kehidupannya tidak dapat diterima.
Contoh: Kenapa saya lahir dalam keluarga broken home?
Kenapa dulu saya mau pacaran sama dia?
Kenapa saya dulu mau terlibat dalam sex bebas?
Kenapa saya mau aja waktu di ajak narkoba, sekarang hidup saya hancur?

5. Gejala masa depan

Ketidaksiapan untuk memandang sesuatu yang belum terjadi.
Contoh: Ah, saya sih tidak mungkin berhasil
Ah, mungkinkah kalau saya menikah saya dapat bahagia
Ah, saat lulus SMA juga pasti tidak akan dapat pekerjaan

III. AKIBAT-AKIBAT KESEDIHAN

Setiap orang dapat mengalami kesedihan, namun kesedihan yang tidak diatasi akan berakibat hal-hal negatif seperti:

1. Physical effect

Tubuh menjadi rentan terhadap penyakit, mulai dari tubuh cepat lesu dan lemah serta terserang penyakit. Seorang yang terus diikat kesedihan juga akan mudah diikat dengan berbagai penyakit seperti : gangguan pencernaan, alergi, gangguan saraf serta sesak nafas.

2. Emotional effect

Kesedihan juga membuat orang terganggu ketenangan emosinya; menjadi mudah marah, cepat kecil hati, hidup dalam kebimbangan, tidak bersemangat, selalu bersungut-sungut

3. Sosial effect

Kesedihan juga mempengaruhi efek sosial dalam kehidupan seseorang; selalu ingin menyendiri, sulit bergaul, mudah curiga, selalu cemburu dan iri terhadap orang yang memiliki kalebihan

4. Religious effect

Hubungan seseorang dengan Tuhan, juga terpengaruh dengan kesedihan; orang yang sedih malas berdoa, cenderung meninggalkan pelayanan, tidak setia lagi menjalani hidup benar; bahkan cenderung menjadi tidak tertarik untuk hal-hal rohani

IV. BAGAIMANA PROSES KESEDIHAN TERJADI

1. menghadapi masalah tanpa diselesaikan
2. memikirkan masalah tanpa menyerahkannya pada Tuhan
3. membuka pintu bagi kesedihan, karna berpikir saya tidak mampu menyelesaikan
4. membiarkan kesedihan merasuk pada kehidupan
5. keterikatan pada kesedihan

V. PANDANGAN ALKITAB TENTANG KESEDIHAN

1. Yesus pernah mengalami kesedihan

“lalu kataNya kepada mereka, hatiKu sangat sedih seperti mau mati rasanya.
Tinggallah disini dan berjaga-jagalah dengan Aku¨ (Mat 26:38)

2. Kesedihan berasal dari harapan yang tertunda

“harapan yang tertunda menyedihkan hati, tetapi keinginan yang terpenuhi adalah
pohon kehidupan¨ (Ams 13:12)

3. Kesedihan dapat terjadi karena kekuatiran dan musuh

“pandanglah kiranya, jawablah Aku, ya Tuhan, Allahku! Buatlah mataku bercahaya
supaya jangan aku tertidur dan mati, supaya musuhku jangan berkata: Aku telah
mengalahkan dia lawan-lawanku bersorak-sorak apabila aku goyah¨ (Mz 13:3-4)

4. Kesedihan mematahkan semangat

“hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah
mengeringkan tulang¨ (Ams 17:22).

5. Yesus memanggil setiap orang yang bersedih

“marilah padaku semua yang letih, lesu, dan berbeban berat, Aku akan memberikan

kesegaran kepadamu¨ (Mat 11:28)

6. Allah dapat merubah kesedihan menjadi tari-tarian

“supaya jiwaku menyanyikan mazmur bagiMu dan juga berdiam diri. Tuhan, Allahku
untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagiMu¨ (Mz 30:12)

7. Kesedihan yang tidak diatasi dapat membinasakan

“sehingga kamu sebaliknya harus mengampuni dan menghibur dia, supaya ia
jangan binasa oleh kesedihan yang terlampau berat¨ ( II kor 2:7 )

VI. BEBAS DARI KESEDIHAN

1. Ingatlah bahwa Tuhan Yesus selalu memberi yang terbaik (Mat 7:9-11)

“adakah seorang daripadamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia minta roti,
atau memberikan ular, jika ia meminta ikan. Jadi jika kamu yang jahat tau
memberikan pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang
disorga? Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya.

2. Kuasai diri (I Pet 4:7)

“kesudahaan segala sesuatu sudah dekat karena kuasailah dirimu dan jadilah
tenang supaya kamu dapat berdoa¨

3. Serahkan segala kesedihan pada Yesus ( I Pet 5:7)

“serahkan segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu¨

4. Sadari dibalik kesedihan akan ada kemuliaan (Roma 8:18)

“sebab aku yakin, bahwa pendaratan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan
dengan kemuliaan yang dinyatakan pada kita¨

5. Lawanlah kesedihan, jangan diikuti (Kej 4:6-7)

“firman Tuhan kepada kain: mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah
mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak
berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkai,
tetapi engkau harus berkuasa atasnya¨

VII. PENUTUP

Setiap orang pasti akan melalui fase-fase yang menyedihkan dalam kehidupan, namun janganlah larut dalam kesedihan. Sikap yang benar dalam menghadapi kesedihan akan memampukan kita merubah airmata menjadi mata air kemenangan

(NN)

Leave a Comment

Leave a Reply

